Skip to content

Font-Font untuk Bahts Syariah

Updated: at 11.24

Untuk kamu para mahasiswa LIPIA yang sedang mencari font yang cocok untuk penelitian ilmiah di bidang syariah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi font yang bisa kamu gunakan.

Daftar Isi

Khat Mamlakah

Khat Mamlakah

Khat Mamlakah adalah font yang didesain khusus oleh King Fahd Quran Printing Complex. Font ini merupakan perpaduan antara khat Naskh dan font modern. Cocok digunakan untuk menulis judul atau heading yang butuh font tebal, tapi juga bisa untuk isi teks dengan ketebalan sedikit lebih tebal dari font standar. Khat Mamlakah Unduh font Khat Mamlakah (ZIP)

Khat Naskh

Khat Naskh Khat Naskh adalah font andalan dari King Fahd Quran Printing Complex yang didesain sesuai standar Unicode. Font ini ditulis langsung oleh khatat mushaf Madinah, Syaikh Utsman Taha. Keunggulannya antara lain keindahan dan kekuatan desain, serta kompatibilitas dengan berbagai sistem operasi dan program.

Khat Naskh Unduh font Khat Naskh (ZIP)

Khat Syahadatain

Font Asy-Syahadatain didesain khusus untuk menulis dua kalimat syahadat dengan indah dan elegan. Pas untuk sampul, poster, atau dekorasi bertema Islam.

Khat Syahadatain Unduh font Khat Syahadatain (ZIP)

Khat Basmalah

Sesuai namanya, font Basmalah dioptimalkan untuk penulisan basmalah (bismillahirrahmanirrahim). Tersedia dalam beberapa variasi desain yang menarik.

Khat Basmalah Unduh font Khat Basmalah (ZIP)

Khat Frasa

Khat Frasa berisi sekumpulan frasa dan teks yang umum digunakan dalam literatur Islam seperti kitab hadis, sirah nabawi, kata mutiara ulama, dll. Frasa-frasanya sudah didesain artistik sehingga tinggal sisipkan saja di dokumen.

Khat Frasa Unduh font Khat Frasa (OTF)

Khat Sindi

Khat Sindi umumnya dipakai dalam penulisan teks terjemahan Al-Quran dalam bahasa Sindhi yang dikeluarkan oleh King Fahd Quran Printing Complex.

Khat Sindi Unduh font Khat Sindi (ZIP)

Khat Naskh Titik-Titik

Khat Naskh Titik-Titik adalah varian dari Khat Naskh dimana bagian dalamnya dibuat kosong dengan outline bintik-bintik, sehingga memberi kesan unik dan artistik.

Khat Naskh Titik-Titik Unduh font Khat Naskh Titik-Titik (ZIP)

Khat Naskh Garis-Garis

Mirip dengan Khat Naskh Titik-Titik, hanya saja pada Khat Naskh Garis-Garis bagian dalamnya dibuat benar-benar kosong dengan garis outline yang solid. Font ini tetap mempertahankan keterbacaan meski diaplikasikan efek warna-warni.

Khat Naskh Garis-Garis Unduh font Khat Naskh Garis-Garis (ZIP)

Khat Al-Kufi

Khat Al-Kufi adalah salah satu jenis khat kuno yang berasal dari Kufah. Ciri khasnya adalah bentuk huruf yang persegi dan cenderung horizontal. King Fahd Quran Printing Complex telah mengembangkan font Al-Kufi ini dengan berbagai opsi variasi huruf.

Kufi Stylistic Unduh font Kufi Stylistic (TTF)

Kufi Extended Unduh font Kufi Extended (TTF)

Khat Dekor

Khat Dekor tersedia dalam tiga gaya yang berbeda. Dikembangkan sepenuhnya oleh tim IT King Fahd Quran Printing Complex sesuai standar Unicode. Cocok untuk judul pada web, signage, koran, majalah, dll.

Khat Dekor Unduh font Khat Dekor (ZIP)

Selamat mencoba font-font di atas untuk bahts selanjutnya. Semoga bermanfaat!